Masyarakat Menanti Tambahan Kompetisi Bola Basket di Indonesia

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat menanti kemunculan setidaknya dua kompetisi baru bola basket di Indonesia. Tambahan kompetisi ini, kata pendiri Manusia Basket Indonesia (MBI) Ary Sudarsono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/2/2021) akan menambah virus kebaikan dalam olahraga basket di Indonesia. "Cabang olahraga bola basket saat ini di Tanah Air semakin digemari di semua kalangan, baik dari tua dan muda, pria dan wanita," kata Ary yang dikenal membawa tayangan kompetisi bola basket AS NBA ke Indonesia di era 1990-an ini.

Ary menambahkan, kedua kompetisi yang bakal muncul adalah Liga Bocah Indonesia (LBI) sebagai liga bola basket setingkat anak sekolah dasar. "Yang kedua adalah Liga Basket Nusantara (LBN) yang mempertemukan komunitas, perusahaan, maupun veteran," kata Ary.

Menurut Ary untuk penyelenggaraan kedua kompetisi ini, pihaknya menggandeng berbagai pihak. "Kami akan bekerja sama dengan Perbasi sebagai induk olahraga bola basket di Indonesia," tutur Ary Sudarsono. Informasi terkini MBI menunjukkan bahwa komunitas yang dibentuk sejak Agustus 2020 tersebut, kini sudah ada di 24 provinsi.

"Anggotanya ada sekitar 2.000 orang," tutur Ary saat bersilaturahim dan melantik kepengurusan komunitas MBI Bandung pimpinan Sekjen Chapter Bandung Ato Suharto Suryadi, hari ini di home base MBI Bandung, lapangan basket ITC Kebon Kelapa, Bandung, Jawa Barat. Sementara, Ary Sudarsono juga mengatakan bahwa saat ini ada berbagai kompetisi bola basket yang sudah ada di Indonesia.

Selain IBL sebagai kompetisi tertinggi bola basket putra, ucapnya, ada juga kompetisi bola basket antar-pelajar (DBL), Liga Mahasiswa (Lima), dan kompetisi putri ( Srikandi Cup).

sumber : kompas.com

Scroll to top